Sebuah fakta tidak selalu disajikan dengan cara yang mudah bagi siswa untuk dimahami. Fakta yang disajikan menggunakan teknologi jauh lebih mudah untuk dipahami, menurut World Education. Ketika mahasiswa melihat definisi pada presentasi power point, kemudian melihat representasi visual dari definisi pada layar video, dan kemudian mendengar suara seseorang menceritakan fakta atau definisi yang sama, para siswa lebih cenderung untuk lebih memahami dan mengingat dengan jelas semua informasi yang di sajikan melalui media teknologi inilah salah satu contoh manfaat teknologi informasi untuk pendidikan.

sistem operasi komputer

Teknologi informasi dapat membantu dalam memfasilitasi pembelajaran atau berfungsi sebagai struktur pendidikan yang sebenarnya memungkinkan belajar terjadi. Teknologi informasi menguntungkan kedua lembaga pendidikan tradisional dan pendidikan secara online dengan cara yang mendasar. Sebagai contoh, presentasi multimedia, perangkat lunak manajemen pengetahuan, konferensi video, cloud computer dan mengedit dokumen kolaboratif adalah layanan teknologi informasi terkemuka dan memberikan manfaat untuk pendidikan.

Teknologi menyediakan ruang untuk membantu siswa memahami sesuatu . Siswa dapat melihat karya seni mereka secara jelas dalam video 3D dan presentasi multimedia, mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang teknologi tetapi juga tentang seni. Sebagai siswa dapat menggunakan web cam untuk benar-benar mendengar dan melihat apa yang terjadi ditempat lain. Teknologi seperti foto, video, dan presentasi multimedia dapat membantu siswa menggunakan semua indra mereka untuk menggali topik tertentu dan memahaminya dengan cara yang lebih dalam.

teknologi informasi membuka informasi baru

Sebagai siswa yang lebih mengenal teknologi Informasi , mereka menemukan bahwa ada pintu informasi baru di setiap momen tertentu. Bahkan jika mereka sedang mempelajari tanaman dalam ilmu pengetahuan, dan menggunakan media player untuk membuat film tentang tanaman, mereka telah menggunakan media player dan teknologi untuk membuat film. Ketika siswa menggunakan internet untuk penelitian topik tertentu, mereka belajar tentang topik tetapi mereka juga belajar bagaimana Internet bekerja, dan kemungkinan besar akan tersandung pada potongan penting lainnya informasi seiring waktu. Bekerja dengan teknologi membantu mereka dalam jenis penemuan.

Beberapa contoh penerapan teknologi informasi untuk pendidikan

  1. Software presentasi multimedia memberdayakan baik pendidik dan peserta didik untuk mengatur, menyajikan dan mengkonsumsi informasi dengan cara baru. Sebagai contoh, perangkat lunak multimedia memungkinkan pendidik untuk membuat presentasi yang dibuat berkaitan dengan setiap materi pelajaran yang melibatkan pengalaman narasi audio visual lengkap. Selain itu, software multimedia canggih dapat memberdayakan pendidik untuk merancang tema narasi audio visual melibatkan partisipasi aktual siswa (belajar video game). Adobe Flash menawarkan produk-standar industri membantu pengembang dalam menciptakan aplikasi tersebut.
  2. Perangkat lunak manajemen pengetahuan melibatkan informasi kategorisasi khusus untuk gaya belajar siswa. Sebagai contoh, perangkat lunak manajemen pengetahuan dapat memberdayakan pengguna untuk memodifikasi, membangun dan memanipulasi informasi dalam rangka relevansi dan menanamkan informasi menjadi ikon audio visual untuk mengingat kemudian cepat. Akibatnya, perangkat lunak manajemen pengetahuan menjadi sangat pribadi, konten yang kaya dan hiper-khusus untuk preferensi konsumsi informasi dari peserta didik.
  3. Video conferencing merupakan manfaat utama dari teknologi informasi untuk pendidikan. Video conferencing memungkinkan seminar dan kuliah terjadi terlepas dari kedekatan. Misalnya, kelas penuh mahasiswa dapat berpartisipasi dalam kuliah dari lokasi yang jauh sementara itu benar-benar terjadi. Siswa menghasilkan akses yang lebih besar kepada para pemimpin akademisi yang berkaitan dengan materi pelajaran menguntungkan baik pendidikan dan masyarakat secara keseluruhan.
  4. Cloud computing memberdayakan siswa dan pendidik untuk menyimpan data mereka di server jauh dibandingkan dengan komputer mereka sendiri. Hal ini memungkinkan pendidik dan siswa untuk mengakses data mereka dari komputer manapun dan dari berbagai perangkat komuter. Sebagai contoh, siswa tidak akan lagi kehilangan pekerjaan mereka kepada pasukan tak terduga atau gigi taring lapar. Dengan komputasi awan, pekerjaan rumah dapat disimpan dengan aman pada platform alternatif. Beberapa salinan yang didukung pada komputer ini terpencil dan mudah diakses dengan koneksi internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>