Teknologi Wimax merupakan salah satu teknologi broadband nirkabel / wireless paling sering di bicarakan beberapa tahun terakhir. Sistem WiMAX diharapkan memberikan layanan akses broadband untuk pelanggan perumahan dan perusahaan secara efisien dan ekonomis. WiMax adalah versi nirkabel / wireless standar Ethernet dimaksudkan terutama sebagai alternatif teknologi kabel (seperti Cable Modem, DSL dan T1/E1 link) untuk menyediakan akses broadband ke lokasi pelanggan.

wimax

Lebih spesifik lagi defenisi WiMAX adalah sebuah organisasi perdagangan industri yang dibentuk oleh komponen komunikasi terkemuka dan perusahaan peralatan untuk mempromosikan dan menjamin kompatibilitas dan interoperabilitas peralatan akses nirkabel / wireless broadband yang sesuai dengan IEEE 802.16 dan ETSI HIPERMAN standar.

WiMAX akan beroperasi mirip dengan WiFi tapi pada kecepatan yang lebih tinggi, jarak yang lebih besar dan lebih banyak pengguna. WiMAX memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan bahkan di daerah yang sulit untuk infrastruktur kabel untuk dicapai dan kemampuan untuk mengatasi keterbatasan fisik infrastruktur kabel.

WiMAX dibentuk pada bulan April 2001, untuk mengantisipasi publikasi asli 10-66 GHz spesifikasi IEEE 802.16. WiMAX adalah 802,16 sebagai Wi-Fi Alliance adalah 802.11.

Jadi yang dimaksud dengan WiMAX adalah:

  1. Singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access.
  2. Berdasarkan teknologi Wireless MAN.
  3. Sebuah teknologi nirkabel / wireless yang dioptimalkan untuk pengiriman layanan sentris IP di wilayah yang luas.
  4. Sebuah platform nirkabel / wireless scalable untuk membangun jaringan broadband alternatif dan komplementer.
  5. Sebuah sertifikasi yang menunjukkan interoperabilitas peralatan dibangun dengan standar IEEE 802.16 atau yang kompatibel. The IEEE 802.16 Working Group mengembangkan standar alamat dua jenis penggunaan model:
  • Sebuah model penggunaan tetap (IEEE 802.16-2004).
  • Sebuah model penggunaan portabel (IEEE 802.16e).

Apa itu 802.16a?

WiMAX adalah suatu istilah yang mudah bahwa orang cenderung menggunakannya untuk standar 802.16 dan teknologi sendiri, meskipun secara ketat ini hanya berlaku untuk sistem yang memenuhi kriteria kesesuaian tertentu yang ditetapkan oleh WiMAX Forum.

standar 802.16a untuk 2-11 GHz adalah nirkabel / wireless jaringan area metropolitan (MAN) teknologi yang akan menyediakan konektivitas broadband nirkabel / wireless untuk perangkat tetap, Portable dan Nomadic.

Hal ini dapat digunakan untuk menghubungkan 802.11 hot spot untuk internet, menyediakan konektivitas kampus, dan memberikan alternatif nirkabel / wireless untuk kabel dan DSL untuk akses broadband last mile.

Kecepatan WiMax dan Range:

WiMAX diharapkan untuk menawarkan awalnya sampai sekitar 40 Mbps per kapasitas saluran nirkabel / wireless untuk aplikasi tetap dan portabel, tergantung pada konfigurasi teknis tertentu dipilih, cukup untuk mendukung ratusan bisnis dengan konektivitas T-1 kecepatan dan ribuan tempat tinggal dengan konektivitas kecepatan DSL . WiMAX dapat mendukung suara dan video serta data internet.

WiMax akan menyediakan akses broadband nirkabel / wireless, baik dalam kompetisi untuk jaringan kabel yang ada atau sendirian di pedesaan. Hal ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan hotspot WLAN ke Internet. WiMAX ini juga dimaksudkan untuk memberikan konektivitas broadband untuk perangkat mobile. Ini tidak akan secepat dalam aplikasi tetap, tetapi harapan sekitar 15 Mbps dalam 3 km cakupan area.

Dengan pengguna WiMAX benar-benar bisa memotong biaya pengaturan akses internet dan bisa online pada kecepatan broadband, hampir dimanapun. WiMAX berpotensi digunakan di berbagai spektrum band: 2.3GHz, 2.5GHz, 3.5GHz, dan 5.8GHz

Mengapa WiMax?

WiMAX dapat memenuhi berbagai kebutuhan akses. Potensi aplikasi termasuk memperluas kemampuan broadband untuk membawa mereka lebih dekat dengan pelanggan, mengisi kesenjangan dalam kabel, DSL dan layanan T1, Wi-Fi dan backhaul seluler, menyediakan akses 100 meter terakhir dari serat optic ke tepi jalan dan penyedia layanan memberikan pilihan lain biaya-efektif untuk mendukung layanan broadband.

WiMAX dapat mendukung solusi bandwidth yang sangat tinggi di mana penyebaran spektrum besar (yaitu> 10 MHz) yang diinginkan dengan menggunakan infrastruktur yang ada biaya tetap turun sementara memberikan bandwidth yang dibutuhkan untuk mendukung berbagai bernilai tinggi, layanan multimedia.

WiMAX dapat membantu penyedia layanan yang memenuhi banyak tantangan yang mereka hadapi karena meningkatnya permintaan pelanggan tanpa membuang investasi infrastruktur yang sudah ada karena memiliki kemampuan untuk beroperasi baiks di berbagai jenis jaringan.

WiMAX dapat memberikan cakupan area yang luas dan kemampuan kualitas layanan untuk aplikasi mulai dari real-time delay-sensitif voice-over-IP (VoIP) untuk video streaming real-time dan download non-real-time, memastikan bahwa pelanggan mendapatkan kinerja mereka berharap untuk semua jenis komunikasi.

WiMAX, yang merupakan teknologi broadband nirkabel / wireless berbasis IP, dapat diintegrasikan ke kedua (3G) jaringan mobile dan nirkabel / wireless dan kabel generasi ketiga wide-area, yang memungkinkan untuk menjadi bagian dari mulus kapan saja, di mana saja solusi akses broadband. Pada akhirnya, WiMAX dimaksudkan untuk melayani sebagai langkah berikutnya dalam evolusi ponsel 3G, melalui kombinasi potensial WiMAX dan standar CDMA disebut 4G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>