Pengertian DNS Domain Name System adalah sebuah layanan internet yang menerjemahkan nama domain menjadi alamat Internet Protocol (IP). DNS secara otomatis mengkonversi nama ketika ada mengeketik alamat di adress bar web browesr ke alamat IP dari server Web hosting situs tersebut. Contohnya ketika anda mengetik www.pacarita.com maka secara otomatis DNS akan mengganti domain www.pacarita.com ke ip 192.211.48.254. inilah fungsi dari Domain Name System atau DNS.

DNS menerapkan database terdistribusi untuk menyimpan nama dan informasi alamat untuk semua host publik di internet. Database DNS berada pada database server khusus. Ketika sebuah clien seperti browser Web melakukan permintaan dan ternyata bermasalah yang melibatkan nama host Internet, maka sebuah software yang disebut DNS resolver (biasanya dibangun ke dalam sistem operasi jaringan) akan mengkontak server DNS untuk menentukan alamat IP server.

Jika server DNS tidak berisi pemetaan yang dibutuhkan, maka pada gilirannya akan meneruskan permintaan ke server DNS yang berbeda pada tingkat yang lebih tinggi dalam hirarki. Setelah beberapa berpotensi untuk forward dan pesan delegasi dikirim dalam hirarki DNS, alamat IP untuk host yang diberikan akhirnya tiba di resolver, yang pada gilirannya melengkapi permintaan over Internet Protocol.

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, Anda berinteraksi dengan didistribusikan database terbesar di dunia ada beberapa contoh dns yang paling umu sering digunakan seperti DNS google atau Open DNS silahkan baca pada artikel Antara OpenDNS dan Google DNS. database besar secara kolektif dikenal sebagai DNS, atau Domain Name System. Sebuah server DNS tidak bekerja dengan mudah dan instan. Pelajari lebih lanjut tentang apa itu DNS, bagaimana cara kerjanya.

Alamat IP dan Nama Domain

untuk memahami pengertian DNS adalah dengan mengetahi bagaimana cara kerja DNS, Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang alamat IP dan nama domain. Sebuah alamat IP, atau alamat Internet Protocol, adalah rangkaian angka yang bertindak sebagai pengidentifikasi biner untuk perangkat di Internet. Singkatnya, alamat IP adalah alamat sebuah komputer, server dan perangkat lain digunakan untuk mengidentifikasi satu sama lain secara online. Sebagian besar alamat IP disusun menjadi empat set angka – yaitu, 12.34.56.78.

domain adalah informasi yang Anda masukkan ke web browser untuk menuju situs web tertentu. Ketika Anda memasukkan URL seperti www.pacarita.com/index ke web browser, nama domain adalah pacarita.com. Pada dasarnya, nama domain adalah sebuah sistem yang memudahkan manusia mengingat alamat IP.

Menerjemahkan Nama Domain ke Alamat IP

Walaupun sebenarnya ketika memasukkan alamat IP address ke sebuah web browser seperti 192.211.48.254 tetap akan mengarahkan anda ke website www.pacarita.com tetapi akan jauh lebih mudah mengetik sebuah domain dari pada sebuah ip address.disinilah fungsi utama dari DNS,yaitu untuk mengambil nama domain dan menerjemahkannya ke alamat IP yang memungkinkan mesin untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Setiap nama domain memiliki setidaknya satu alamat IP address.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>