Pengertian Intranet, kelebihan dan kekurangan intranet

Pengertian Intranet adalah istilah untuk koleksi jaringan komputer pribadi dalam sebuah organisasi. Sebuah intranet menggunakan teknologi jaringan sebagai alat untuk memfasilitasi komunikasi antara orang atau kelompok kerja untuk meningkatkan kemampuan berbagi data dan keseluruhan basis pengetahuan karyawan organisasi.

intranet

Intranet memanfaatkan perangkat keras jaringan komputer standar dan teknologi perangkat lunak seperti Ethernet , Wi-Fi , TCP / IP , browser Web dan server Web. Intranet sebuah organisasi biasanya termasuk akses internet tetapi menggunakan firewall sehingga komputer tertentu tidak dapat mengakses jaringan internet global.

intranet adalah sebuah jaringan akses internal atau terbatas tetapi memunyai fungsi yang mirip internet, tapi hanya tersedia untuk organisasi internal. Misalnya jika dalam sebuah organisasi ingin berbagi informasi spesifik seperti dokumen, setiap pengumuman saat ini, rincian produk baru dll, tapi hanya memungkinkan komputer-komputer dalam akses organisasi untuk informasi ini, Anda akan menggunakan intranet, proses inilah yang dimaksud dengan intranet.

Dalam rangka untuk memiliki intranet, komputer dalam jaringan tidak harus memiliki koneksi internet yang normal. Namun, karena sebagian besar organisasi memiliki kedua intranet dan internet akses (kadang-kadang disebut extranet), organisasi akan menyediakan gateway seperti firewall, bersama dengan jenis lain dari cara untuk mengidentifikasi pengguna seperti otentikasi atau enkripsi data atau penggunaan VPN (virtual private networks). Dengan ketentuan ini ditambahkan, individu dengan izin untuk mengakses intranet dari sumber luar, menggunakan Internet bisa. Misalnya seorang karyawan dapat memiliki akses ke intranet dan dapat men-download laporan atau data tertentu.

Keuntungan dari Intranet

Intranet dapat meningkatkan produktivitas suatu organisasi atau lembaga. Mereka dapat digunakan untuk banyak hal yang berhubungan dengan komunikasi. Misalnya, intranet dapat bermanfaat untuk organisasi besar dan kecil, dengan memberi kemampuan untuk menggunakan intranet sebagai mekanisme pengiriman untuk aplikasi, driver dan proyek kolaborasi.

Sebuah intranet juga dapat membantu rekan menemukan data dengan cepat dan mudah melalui antarmuka browser. Misalnya, organisasi Anda mungkin memiliki informasi asuransi kesehatan di intranet, yang pekerja dapat dengan mudah menavigasi dan mengakses. Hal ini dapat mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menghubungi seseorang di Didepartement lai. Banyak cara lain intranet dapat meningkatkan produktivitas informasi yang tersedia ketika seorang pekerja membutuhkannya, bukan hanya ketika orang dengan informasi yang mengirimkannya melalui email.

Kekurangan dari Intranet

Masalah keamanan mungkin kelemahan lain dengan intranet. Misalnya, seorang karyawan bisa melihat informasi sensitif bagi semua karyawan. Isu lain mungkin fakta bahwa ada terlalu banyak informasi. Informasi yang berlebihan memang ada dan bisa terjadi bila terlalu banyak data di atas intranet. Hal ini membuat sangat sulit bagi karyawan untuk menavigasi dan mencari data yang bermanfaat atau yang mereka butuhkan.