Perangkat keras komputer dan fungsinya

Perangkat Keras Komputer – Tentu sudah tidak asing lagi dengan kata “Komputer” namun pernah kah kita tau apa jenis perangkat di dalam komputer tersebut? Kali ini admin Artikel Terkait akan berbagi pengetahuan tentang Perangkat Keras Komputer.

Perangkat Keras Komputer atau dikenal dengan istilah “Hardware”, Hardware adalah komponen yang terdapat pada bagian fisik komputer bisa terlihat ataupun di sentuh secara fisik dan dibedakan dengan isi data yang terdapat di dalamnya ataupun yang beroperasi di dalam komputer tersebut.

Perangkat keras komputer

Perangkat Keras Komputer

1. Mainboard / Motherboard
Mainboard/Motherboard atau dalam bahasa Indonesianya (Papan induk) adalah elemen utama dalam sebuah Komputer, dimana motherboard merupakan tempat melekatnya berbagai alat-alat untuk membuat suatu komputer.

Fungsi Motherboard adalah sebagai alat yang berguna melekatkan atau tempat melekatnya berbagai komponen elektronik penting dari sistem komputer, motherboard berisi sub-sistem penting seperti prosesor.

2. RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan data jangka pendek/sementara, yang membuat perangkat lunak yang dijalankan yang kemudian akan tersimpan untuk sementara waktu sehingga komputer yang sementara berjalan tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data yang diperlukan. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC

3. ROM (Read Only Memory)
ROM (Read Only Memory) adalah istilah dalam media penyimpanan data (Data Storage) pada komputer dimana Fungsi dari ROM ini adalah salah satu jenis memori yang terdapat di dalam Komputer yang menyimpan data aplikasi dalam jangka panjang/sifatnya permanen, atau dalam arti kata program / data yang tersimpan di dalam ROM ini tidak akan mudah hilang ataupun berubah walaupun aliran listrik di matikan.

4. AGP/VGA (Accelerated Graphics Port / Video Graphic Array)
Accelerated Graphics Port adalah adalah sebuah peralatan yang dikhususkan sebagai alat pendukung kekuatan grafis Komputer yang kinerjanya untuk menampilkan visual pada komputer. AGP/VGA terbagi dalam 2 jenis yaitu VGA/AGP Onboard dan VGA/AGP Expansion

5. Processor (Processor)
Istilah Processor terkadang sering disebut juga sebagai otak sebuah komputer yang bertugas sebagai pusat kendali Komputer yang dimana prosesor didukung oleh kompunen-komponen lain. Prosesor adalah sebuah IC yang bertugas mengontrol kinerja sebuah sistem komputer secara keseluruhan.

6. Hard Disk
Hard Disk atau yang dikenal dengan istilah HDD (Hard Disc Drive ) adalah sebuah komponen hardware dalam sebuah komputer yang berfungsi menyimpan data sekunder didalam suatu komputer.

7. CD-ROM / DVD-ROM (Compact Disc/Digital Versatile Disc)
CD-ROM atau DVD-ROM adalah adalah sebuah alat/komponen hardware komputer yang bertugas membaca data didalam CD-R/DVD-R.

8. Modem
Modem atau dalam istilahnya Modulator Demodulator merupakan alat komunikasi dua arah yang komponennya adalah emulator dan demulator. Emulator berfungsi sebagai jembatan yang mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa (carrier) dan dapat dikirimkam yang kemudian diterima oleh demolutor untuk diterjemahkan dari sinyal pembawa menjadi sinyal informasi, sehingga informasi/data/pesan dapat diterima secara baik oleh penerima.

Tentu masih banyak perangkat keras komputer lain yang berfungsi untuk mendukung sebuah system komputer. Akan tetapi perangkat keras komputer yang disebutkan di atas merupakan perangkat keras komputer umum yang mesti dimiliki komputer sebagai satu kesatuan.

One thought on “Perangkat keras komputer dan fungsinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *