perangkat keras komputer atau hardware

perangkat keras komputer atau hardware digambarkan sebagai perangkat komputer yang secara fisik terhubung ke komputer  atau sesuatu yang dapat disentuh secara fisik. Kebanyakan hardware  berisi papan sirkuit , IC , dan elektronik lainnya. Sebuah contoh perangkat keras  komputer yaitu monitor, yang merupakan perangkat output yang memungkinkan anda melihat apa yang Anda lakukan di komputer.

Tanpa hardware tidak akan ada atau berfungsi dengan baik bahkan software komputer tidak akan dapat dijalankan tanpa perangkat ini. jadi bisa disimpulkan hardware atau perangkat keras pada komputer adalah peralatan komputer yang bisa disentuh, dan terhubung langsung secara fisik ke komputer.

CPU (Central Processing Unit) - CPU Atau prosesor, prosesor central , atau mikroprosesor, pertama kali dikembangkan di Intel dengan bantuan Ted Hoff pada awal 1970-an dan merupakan kependekan dari central processing unit . CPU Komputer bertanggung jawab untuk menangani semua instruksi yang diterima dari hardware (perangkat keras) lainnya dan software (perangkat lunak)  yang berjalan pada komputer.

Dalam gambar di bawah ini, adalah contoh bagian atas dan bawah dari Intel Pentium prosesor dan AMD . Prosesor ditempatkan pada soket CPU pada motherboard , dan karena panas yang dihasilkan dari cpu maka ditutupi dengan heat sink untuk membantu tetap dingin dan berjalan lancar.

Chip CPU biasanya dalam bentuk persegi atau persegi panjang dan akan memiliki salah satu sudut berlekuk untuk membantu menempatkan chip ke dalam komputer dengan benar. Pada bagian bawah chip ratusan pin konektor yang terpasang ke setiap lubang yang sesuai pada soket. Saat ini, kebanyakan CPU menyerupai gambar yang ditampilkan di atas, namun, Intel dan AMD juga telah bereksperimen dengan Slot prosesor yang jauh lebih besar.

Pada CPU, komponen utama adalah ALU (Arithmetic Logic Unit) yang melakukan matematika, logis, dan operasi keputusan dan CU (Control Unit) yang mengarahkan semua prosesor operasi. Selama sejarah prosesor komputer, kecepatan ( clock speed ) dan kemampuan prosesor telah secara dramatis meningkat. Sebagai contoh, mikroprosesor pertama adalah Intel 4004 yang dirilis 15 November 1971 dan memiliki 2.300 transistor dan dilakukan 60.000 operasi per detik. Intel Pentium Processor ditampilkan pada halaman ini memiliki 3.300.000 transistor dan melakukan sekitar 188.000.000 instruksi per detik.

Hard drive (hard disk)Atau disebut sebagai hard disk drive dan disingkat HD atau HDD, hard drive adalah perangkat penyimpanan  utama komputer, hardisk adalah media yang menyimpan semua data secara permanen di komputer. Hard drive pertama kali diperkenalkan pada tanggal 13 September 1956 dan terdiri dari satu atau lebih hard drive platters dalam casing udara yang disegel. Kebanyakan hard drive komputer dalam internal drive di depan komputer dan terhubung ke motherboard menggunakan ATA , SCSI , atau SATA dan kabel listrik. Di bawah ini, adalah sebuah gambaran dari bagian dalam hard drive untuk komputer.

Hardisk perangkat keras komputer

Data yang dikirim ke dan dari hard drive ditafsirkan oleh controller disk , yang menterjemahkan hard drive apa yang harus dilakukan dan bagaimana untuk memindahkan komponen dalam drive. Ketika sistem operasi membutuhkan untuk membaca atau menulis informasi, mengkaji hard drive File Allocation Table (FAT) untuk menentukan lokasi file dan daerah yang tersedia. Setelah ini ditentukan, disk controller memerintahkan aktuator untuk memindahkan read/write arm (lengan)  dan menyelaraskan read/write head . Karena file sering tersebar di seluruh disk, head sering untuk pindah ke beberapa lokasi yang berbeda untuk mengakses semua informasi yang ada pada hardisk / harddrive.

Semua informasi yang disimpan pada hard drive tradisional, seperti contoh di atas, dilakukan magnetis. Setelah menyelesaikan langkah di atas, jika komputer perlu membaca informasi dari hard drive akan membaca polaritas magnetik di disk. Satu sisi polaritas magnetik adalah 0 dan yang lainnya adalah 1, membaca ini sebagai biner data komputer dapat memahami apa data di disk. Untuk komputer untuk menulis informasi ke disk, read/write head meluruskan polaritas magnetik, menulis 0 dan 1 yang dapat dibaca kemudian.

Motherboard - Atau disebut sebagai mb , mainboard , mobo , mobd , backplane board , based biard , based planar. motherboard adalah sirkuit yang merupakan dasar dari sebuah komputer dan memungkinkan CPU , RAM , dan semua komputer lainnya hardware komponen berfungsi dengan satu sama lain.

RAM Random Access MemoryAtau disebut sebagai main memory, primary memory , atau memori sistem , Random Access Memory ( RAM ) adalah lokasi penyimpanan komputer yang memungkinkan informasi untuk disimpan dan diakses dengan cepat dari lokasi acak dalam DRAM pada modul memori . Karena informasi yang diakses secara acak, bukan sequentually seperti CD atau hard drive komputer dapat mengakses data lebih cepat daripada  membaca hard drive. Namun, tidak seperti ROM dan RAM hard drive adalah memori volatile dan membutuhkan daya untuk menjaga data accesible, jika daya hilang semua data yang ada dalam memori hilang.

Sebagai beban komputer bagian dari sistem operasi dan driver dimuat ke memori, yang memungkinkan CPU untuk memproses instruksi lebih cepat dan komputer Anda untuk memuat lebih cepat. Setelah sistem operasi telah dimuat, setiap program Anda membuka seperti browser yang Anda gunakan untuk melihat halaman ini dimuat ke memori ketika sedang berjalan. Jika terlalu banyak program yang terbuka komputer akan menukar data dalam memori antara RAM dan hard disk drive.

Selama evolusi komputer telah ada beberapa variasi yang berbeda dari RAM yang digunakan dalam komputer. Beberapa contoh yang lebih umum adalah DIMM , RIMM , SIMM , SO-DIMM , dan RIMM SOO- . Berikut adalah contoh gambar dari 512MB DIMM modul memori komputer dan apa kartu memori komputer desktop khas akan terlihat seperti.

CD-ROMCompact Disc-Read Only Memory , CD-ROM drive atau drive optik adalah CD player dalam komputer yang dapat memiliki kecepatan dalam kisaran dari 1x dan seterusnya, dan memiliki kemampuan memutar CD audio dan CD data komputer.

DVD ( Digital Video Disc)Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc , sebuah DVD atau DVD-ROM , adalah disk yang mampu menyimpan data dalam jumlah besar pada satu disk ukuran Compact Disc standar. DVD drive pertama kali dijual di 1997 , saat ini DVD banyak digunakan untuk menyimpan film dan data lainnya. Untuk memutar DVD di komputer pengguna harus memiliki drive DVD serta DVD player, yang merupakan program perangkat lunak yang dirancang untuk player dan mengontrol disk DVD. Film Twister menjadi film fitur pertama kali di DVD pada tanggal 25 Maret 1996.

MonitorAtau disebut sebagai video display terminal (VDT) dan video display unit (VDU) , sebuah monitor adalah layar tampilan video dan cangkang keras sebagai rangka. Dalam penggunaan yang paling umum, monitor hanya merujuk pada perangkat yang tidak mengandung peralatan elektronik lainnya selain diperlukan untuk menampilkan dan menyesuaikan karakteristik gambar.

KeyboardSalah satu utama perangkat input digunakan dengan komputer, keyboard yang terlihat sangat mirip dengan keyboard mesin ketik listrik, dengan beberapa tombol tambahan. Keyboard memungkinkan pengguna komputer untuk huruf masukan, angka, dan simbol lainnya ke dalam komputer dan apa yang memungkinkan Anda untuk menulis e-mail dan apa yang Anda gunakan untuk mengunjungi halaman web ini.

Mouse memungkinkan seorang pengguna komputer untuk mengontrol pointer dalam antarmuka pengguna grafis ( GUI ). Memanfaatkan mouse pengguna memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai fungsi seperti membuka program atau file dan tidak memerlukan pengguna untuk menghafal perintah, seperti yang digunakan dalam perintah baris lingkungan berbasis teks seperti MS-DOS.

inilah beberapa perangkat keras komputer yang sempat pacarita bahas.