tokoh kemerdekaan indonesia

tokoh kemerdekaan indonesia – Tepat 68 tahun yang lalu terjadi sebuah peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu hari kemerdekaan Republik Indonesia yang di tetapkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Jika menengok kembali hari bersejarah tersebut, terdapat dua nama tokoh yang kita semua tahu, yaitu Ir. Soekarno dan Drs, Moh Hatta atau yang lebih di kenal dengan panggilan Bung Karno dan Bung Hatta.

tokoh kemerdekaan indonesia

Namun tedapat sejumlah nama tokoh kemerdekaan indonesia yang juga sangat berpengaruh atas kemerdekaan bangsa Indonesia yang seharusnya tidak boleh kita lupakan, selain itu banyak juga fakta kemerdekaan Indonesia yang banyak kita tidak ketahui atau bahkan kita lupakan. Padahal, sudah seharusnya kita semua tahu apa saja yang telah terjadi hingga kita bebas melakukan apa saja di Negeri kita yang telah merdeka ini, serta berterimakasih kepada orang-orang yang memperjuangkannya.

Berikut ini adalah nama- nama tokoh kemerdekaan indonesia yang paling berpengaruh terhadap kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga saat ini :

tokoh kemerdekaan indonesia

  1. Ir. Soekarno
    Sosok pejuang dan pahlawan kemerdekaan Indonesia yang biasa disapa Bung Karno ini lahir di Blitar 06 Juni 1901 sangat berperan untuk kemerdekaan Indonesia, diantara peran yang beliau lakukan setelah perjuangan Indonesia melawan penjajah adalah menyusun konsep teks proklamasi, menandatangani serta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia yang dilakukan pada upacara kemerdekaan di kediamannya, Jl. Pengangsaan Timur No. 56, Jakarta.
    Beliau juga dinobatkan sebagai Presiden RI pertama yang akhirnya menghembuskan nafas terakhir di jakarta pada tanggal 21 Juni 1970.
  2. Drs. Moh Hatta
    Bung Hatta, begitu sapaan populernya. Beliau lahir di Bukittinggi pada tanggal 12 Agustus 1902, ia adalah sahabat seperjuangan Bung Karno selama berjuang melawan penjajah dan mempunyai peran penting juga dalam proses kemerdekaan Indonesia menemani Bung Karno menyusun konsep dan menandatangani teks proklamasi. Beliau juga menjadi wakil presiden RI pertama mendampingi sahabatnya. Namun pada usianya memasuki 77 tahun ia meninggal di Jakarta tepatnya tanggal 14 Maret 1980.
  3. Laksamana Tadashi Maeda
    Beliau adalah seorang perwira tinggi dari angkatan laut kekaisaran Jepang pada saat perang pasifik di hindia belanda, juga menjabat sebagai wakil komandan angkatan laut jepang di jakarta. Demi Indonesia, ia melanggar sekutu yang kala itu melarang Indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaannya. Dalam membantu persiapan kemerdekaan Indonesia, beliau menjadikan rumahnya sebagai tempat pertemuan untuk menyusun konsep dan teks kemerdekaan Indonesia.
  4. Fatmawati
    Wanita yang bernama asli Fatimah itu lahir di Bengkulu pada tahun 1923, beliau sebagai istri setia menemani Bung Karno selama berjuang menuju kemerdekaan Indonesia. Dan menjelang upacara kemerdekaan Indonesia, beliau berperan dalam menjahit bendera pusaka pertama yang dikibarkan dalam upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia. Beliau meninnggal dunia di Jakarta pada tahun 1980 dan akhirnya di makamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.
  5. Chaerul Shaleh.
    Aktivis pemuda dalam pergerakan Nasional menuju Indonesia Merdeka, lahir di Sumatera Barat 13 September 1916. Kiprahnya menjadi Anggota Muda Indonesia pada saat pendudukan tentara jepang sehingga ia sangat di benci oleh Jepang. Sebagai tokoh pemuda, dalam perjuangan menjelang kemerdekaan beliau memimpin pertemuan di gedung Bakteriologi Jakarta yang sekarang menjadi Universitas Indonesia yang membahas kemerdekaan tanpa peran dari PPKI, karena menurutnya PPKI di bentuk oleh Jepang.

Itulah beberapa nama tokoh kemerdekaan indonesia yang sangat berperan dalam proses kemerdekaan Indonesia tanpa bermaksud melupakan jasa-jasa para tokoh yang lain. Yang jelas semoga kita tetap mempertahankan hasil perjuangan para tokoh tersebut. Tetap mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari para penjajah rakyat kecil, dari para koruptor dan memperjuangkan Indonesia lebih maju di mata dunia.